Dasar Perlengkapan Berkuda

Selama ini, terdapat stigma bahwa berkuda adalah olahraga yang mahal. Padahal tidak selalu demikian. Kita tak perlu memiliki kuda untuk bisa melakukan olahraga ini. Toh, saat ini sudah banyak tempat penyedia layanan olahraga berkuda.

Dan ternyata, menurut Katherine Blocksdorf, pakar berkuda, olahraga berkuda bisa menjadi olahraga untuk tiga aspek sekaligus, yakni mental, fisik, dan spiritual. Artinya, olahraga ini layak dipertimbangkan untuk ditekuni. Nah, sebelum memutuskan menekuni olahraga ini, ada baiknya kenali 7 perlengkapan berkuda untuk kuda dibawah ini.

PELANA KUDA ATAU SADDLE

Secara definisi, pelana adalah alat penyokong untuk penunggang kuda maupun muatan lain yang diikatkan ke punggung kuda. Memilih pelana kuda tak bisa dianggap enteng pasalnya memilih pelana kuda yang tidak tepat dapat berakibat melukai punggung kuda atau justru membuat pengalaman berkuda menjadi tidak menyenangkan. Untuk itu, penting untuk menentukan ukuran yang pas untuk pelana untuk dapat memberikan kenyamanan baik untuk kamu ataupun kuda.

TALI KEKANG ATAU HORSE RIDING REIN

Tali kekang merupakan salah satu perlengkapan berkuda yang digunakan untuk mengarahkan kuda. Berbentuk tali panjang yang bisa terbuat dari kulit, nilon, logam, atau bahan lainnya, dan melekat pada tali kekang di hidungnya. Tali kekang ini digunakan untuk memberikan perintah atau isyarat yang halus seperti memberi sinyal belokan, memperlambat kecepatan, meminta berhenti atau mempercepat laju kuda.

ALAS PELANA KUDA ATAU SADDLE PAD

Salah satu perlengkapan berkuda lainnya adalah saddle pad. Saddle pad merupakan pad atau lapisan tipis yang berada antara punggung kuda dan pelana. Kegunaan saddle pad untuk melindungi dari gesekan yang disebabkan oleh sadel yang bergesekan dengan kuda, serta membantu melindungi sadel dengan menyerap sebagian keringat kuda. Bagian luar dari saddle pad biasanya terbuat dari campuran kain yang tahan lama dan dapat dicuci, seperti kapas dengan serat polyester, dilapisi selimut tipis dari lapisan poli.

KEKANG KUDA ATAU HORSE RIDING BRIDLE

Kekang kuda atau bisa disebut horse bridle merupakan peralatan berkuda yang dipakai untuk kuda. Seperti sudah disebutkan diatas, kekang adalah peralatan yang digunakan untuk mengarahkan kuda. Namun yang membedakan, head bridle atau kekang kuda di bagian kepala ini dipergunakan di bagian wajah kuda. Desainnya dirancang dengan fungsi untuk memberikan tekanan pada area sensitif pada wajah kuda sebagai cara memberikan arahan dan kontrol.

SANGGURDI ATAU STIRRUP

Sanggurdi merupakan perlengkapan berkuda yang berupa pijakan kaki saat menunggangi kuda. Biasanya sanggurdi ini tergantung di pinggiran pelana dengan seutas pita atau tali yang disebut tali sanggurdi. Stirrup atau sanggurdi ini dibuat berpasangan yaitu kanan – kiri dan digunakan untuk membantu seseorang menaiki hewan tunggangannya atau sebagai pijakan selama mengendarai hewan tunggangan khususnya kuda. Keberadaan sanggurdi akan membantu penunggang kuda dalam mempertahankan kedudukannya di pelana dan mempermudah pengendalian kuda.

TALI PERUT ATAU GIRTH

Girth merupakan perlengkapan berkuda yang sangat penting untuk pelana kuda. Tanpa keberadaan girth, pelana kuda tidak akan banyak berguna. Girth adalah tali lebar dari bahan seperti anyaman, kulit, atau kapas yang mengelilingi perut kuda untuk mengamankan pelana ke punggung kuda. Berbentuk seperti gesper atau sabuk yang fungsinya mencegah pelana dari tergelincir ke samping, ke belakang atau ke depan.

CAMBUK ATAU HORSE WHIP

Mungkin kamu sudah familiar dengan cambuk kuda atau horse whip. Cambuk kuda ini memiliki tujuan untuk membuat kuda berlari lebih cepat dan mempertahankan kecepatan saat menjelang akhir perlombaan. Biasanya, cambuk digunakan oleh joki dalam perlombaan berkuda. Namun, penggunaan cambuk ini masih menyebabkan kontroversi karena berpotensi menimbulkan rasa sakit fisik dan psikologis serta meningkatkan kemungkinan cedera pada kuda. Untuk itu, dibuatlah aturan bahwa cambuk hanya untuk keselamatan dan dorongan semangat yang penggunaannya harus dibatasi agar tidak membahayakan kesejahteraan kuda.

Gimana? Sudah makin paham perlengkapan berkuda bagi kuda bukan? Semua perlengkapan berkuda ini dibuat menyesuaikan dengan ukuran kuda seperti tinggi kuda, ukuran lingkar kepala, lingkar rahang, lingkar perut, panjang leher dan sebagainya. Selain itu, perlengkapan berkuda juga akan berbeda sesuai dengan penggunaannya seperti kuda khusus untuk tunggang (equestrian), kuda khusus pacuan (horse racing) maupun untuk latihan (training) sehari-hari.

You might be interested in …

Polo Berkuda, Asal Manipur Menjadi Sorotan Dunia

sports

Sebagai bagian dari wisata di wilayah Timur Laut India, sejumlah anggota delegasi asing berkesempatan berkeliling di negara bagian Manipur. Liputan6.com merupakan satu-satunya perwakilan media dari Indonesia yang mendapatkan undangan dari Pemerintah India untuk mengunjungi International Tourism Mart 2016 yang diadakan di Imphal, ibukota negara bagian Manipur, India. Pemerintah India menetapkan Sangai Festival di Manipur sebagai […]

Read More

Pengenalan Olahraga Polo

sports

Olahraga polo berkuda adalah salah satu olahraga beregu yang paling tua di dunia. Polo berkuda pertama kali dimainkan oleh kaum pejuang Normadic didaerah Persia (sekarang Iran) pada abad ke 6 sebelum Masehi. Untuk pertama kalinya dimainkan oleh pasukan kavaleri berkuda tanpa batasan jumlah pemain, kadang-kadang dilakukan sampai 100 orang Prajurit per timnya. Pada saat itu […]

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *